DeMalang.ID-–Penumpang kereta api terus meningkat di stasiun kereta api Malang. Pada hari kedua lebaran, tercatat sebanyak 10.157 penumpang. Rincian 4.974 penumpang naik dan 5.183 penumpang turun di stasiun Malang. Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif menjelaskan meski puncak arus mudik lebaran 2025 pada Jumat 28 Maret 2025, namun antusiasme masyarakat pada hari pertama dan kedua lebaran masih tinggi. “Antusias penumpang tinggi menumpang kereta api,” kata Luqman dalam siaran pers yang diterima DeMalang.
Pada hari pertama lebaran, Senin 31 Maret 2025 mencatat 4.533 pengguna kereta api di Stasiun Malang, terdiri dari 2.308 penumpang naik, 2.225 penumpang turun. Sedangkan hari kedua lebaran Selasa 1 April 2025 tercatat 5.624 penumpang di Stasiun Malang. Terdiri atas 2.666 penumpang naik dan 2.958 penumpang yang turun.
Selama periode angkutan Lebaran, berlangsung mulai 21 Maret 2025 hingga 1 April 2025 atau selama 12 hari, Stasiun Malang telah melayani total 80.699 penumpang. Terdiri atas 46.150 penumpang yang naik dan 34.549 penumpang tiba di Stasiun Malang.

“Penumpang yang berangkat dari Stasiun Malang tujuan Jakarta, Yogyakarta, dan Ketapang. Sedangkan kereta api Jarak jauh favorit antara lain kereata Tawang Alun relasi Malang – Ketapang, KA Malioboro Ekspres relasi Malang – Yogyakarta, KA Jayabaya relasi Malang – Pasar Senen, dan KA Gajayana relasi Malang – Gambir,” katanya.
Pada 3 April 2025, stasiun Malang dipadati penumpang hingga sebanyak 6.607 penumpang. Terdiri atas 2.909 penumpang berangkat dan 3.698 penumpang turun. Data tersebut tercatat sampai pukul 10.00 WIB. Sementara penumpang akan terus bertambah hingga sore dan malam hari nanti.
Mayoritas penumpang yang berangkat dari Stasiun Malang selama hari raya dan sekarang tujuan Jakarta, Yogyakarta, serta Ketapang. Sedangkan KA favorit keberangkatan meliputi KA Tawang Alun relasi Malang – Ketapang, KA Malioboro Ekspres relasi Malang – Yogyakarta, KA Jayabaya relasi Malang – Pasar Senen dan KA Gajayana relasi Malang – Gambir.
Relawan Komunitas
Ratusan relawan dari komunitas Railfans dan Pramuka turut membantu penumpang untuk kelancaran arus perjalanan. Relawan yang berpartisipasi berasal dari tiga komunitas Railfans, yakni Sahabat Kereta, Java Train, dan Malangraya 444 serta anggota Pramuka. Mereka turut membanty petugas KAI dan personel TNI/Polri yang bertugas menjaga keamanan selama angkutan Lebaran.
Partisipasi para relawan berlangsung selama periode posko Angkutan Lebaran 2025, mulai 24 Maret hingga 8 April 2025. Kehadiran mereka bertujuan untuk mempermudah pelanggan serta meningkatkan kenyamanan selama perjalanan.

Luqman Arif mengapresiasi kontribusi komunitas dalam mendukung layanan KAI di masa angkutan Lebaran. Kolaborasi antara KAI dengan komunitas Railfans dan Pramuka turut membantu menyediakan informasi bagi pelanggan. “Angkutan Lebaran 2025 dapat berjalan lebih lancar, aman, dan memberikan pengalaman perjalanan yang lebih baik bagi seluruh penumpang,” katanya. EKO WIDIANTO